Tentara Nigeria tewaskan enam pemberontak

tentara-tentara nigeria telah menewaskan enam tersangka pemberontak selama penyergapan penggerebekan dan dilakukan ke suatu rumah selama kota utama dalam utara, kano, selama jumat.

pada ketika dan sama, militer nigeria kehilangan Satu personelnya dalam kontak senjata, kata bagian militer.

kelompok radikal boko haram dan kelompok-kelompok lainnya telah menjadi ancaman utama pada stabilitas pada nigeria, negara afrika penghasil utama minyak juga semakin mengancam negara-negara tetangganya seperti kamerun.

boko haram telah menewaskan ratusan pihak pada serangan senjata dan bom, termasuk 25 masyarakat dalam kano bulan 2012, dari kelompok tersebut meningkatkan penampilan pemberontakan mereka dua tahun lalu.

Informasi Lainnya:

pemberontakan dilancarkan melalui tujuan supaya membentuk negara islami selama luar nigeria --yang penduduknya memiliki aturan beragam.

dalam operasi pagi ini, seorang tentara dan enam teroris terbunuh, papar juru bicara gugus tugas militer ikedichi iweha kepada kaum wartawan.

militer nigeria sesungguhnya jarang menyerahkan pengakuan menyangkut korban dalam bagian mereka serta masyarakat sipil dan tewas selama aksi baku tembak.

iweha mengatakan telah mengamankan persenjataan, tergolong unsur-unsur peledak, sebelum menghancurkan rumah yang ditinggali kaum pemberontak tersebut.

pemerintah negara-negara barat mengkhawatirkan kiranya hubungan melalui kelompok-kelompok seperti sayap afrika utara al-qaida ingin baik islamis nigeria menuju jadwal anti-barat dan lebih tegas.

kelompok nigeria dan mempunyai kaitan dengan al-qaeda, ansaru, bulan lalu menungkapkan pihaknya sudah membunuh tujuh sandera penduduk asing dan mereka culik pada 7 februari lalu di negara pihak utara bauchi dijadikan akibat adanya aksi-aksi percobaan supaya membebaskan mereka.

sebuah keluarga prancis telah diculik daripada kamerun bulan februari dan diyakini kiranya mereka ditahan oleh boko haram di nigeria.

para pemimpin tradisional utara telah membayar presiden nigeria goodluck jonathan agar mengatakan pemberian ampunan kepada kaum pejuang boko haram yang bersedia meletakkan senjata, semisal yang terjadi pada masa lalu hingga berhasil menghentikan aksi-aksi militan selama bertahun-tahun dalam wilayah selatan penghasil minyak, niger delta.

sumber di kalangan kepresidenan menyatakan jonathan tengah mempertimbangkan langkah semisal tersebut, tapi ia menyatakan di masa 2012 bahwa kaum anggota kelompok-kelompok islamis harus mengungkapkan jati diri mereka --sesuatu yang belum pernah mereka mau lakukan.