Sudan larang pasukan perdamaian masuk Darfur

sudan melarang pasukan penjaga perdamaian internasional memasuki darfur barat dalam mana sedikitnya 50.000 pihak menyelamatkan diri dari kekerasan etnik, papar misi pbb semisal dikutip afp, minggu.

insiden tersebut adalah dan terakhir dari serangkaian filter akses dan diungkapkan misi pbb-uni afrika selama darfur (unamid).

misi tidak berada pada posisi memberikan keterangan terinci mengenai keadaan pada daerah umm dukhun karena patroli pemeriksaan unamid, dan berusaha mendapatkan akses dalam 10 dan 11 april, tidak diperbolehkan mengerjakan keuntungan itu oleh pemerintah sudan, kata juru bicara unamid aicha elbasri.

sedikitnya 18 orang tewas dalam bentrok antara kelompok-kelompok suku misseriya serta salamat dalam daerah dan berbatasan dengan chad, kata benar ketua suku terhadap afp pekan kemarin.

Informasi Lainnya:

sabtu di new york, deputi juru bicara pbb eduardo del buey menyampaikan, 50.000 pihak dalam sepekan terakhir saja sudah menyeberangi perbatasan menuju chad karena konflik antarsuku.

sekretaris jendral pbb ban ki-moon menungkapkan unamid terus mendesak bagian berwenang untuk memberi mereka kebebasan gerak tidak halangan dalam wilayah darfur, sesuai melalui perjanjian status pasukan.