Potensi zakat Indonesia baru terserap satu persen

badan amil zakat nasional (baznas) menyebutkan daripada rp217 triliun potensi zakat pada indonesia masih diserap juga dikelola oleh lembaga amil zakat sebesar rp2,73 triliun serta kurang lebih sekitar Salah satu persen.

potensi zakat kita amat besar, cuma saja belum semuanya terserap, daripada data riset ipb selama 2011 potensi zakat kita rp217 triliun, baru terserap dan terkelola rp2,73 triliun atau Salah satu persennya saja, tutur ketua baznas prof didin hafidhuddin, selama acara workshop internasional zakat, infak juga perekonomian islam, selama bogor, senin.

menurut didin, baru kecilnya penyerapan serta pengelolaan zakat karena berbagai penentu, selama antaranya belum tumbuhnya kesadaran hendak berguna juga manfaat zakat, juga kurangnya kepercayaan masyarakat kepada lembaga zakat.

oleh karena itu, lanjut didin, seluruh upaya diselenggarakan baznas dalam menyerap potensi zakat juga mengelolaannya.

Informasi Lainnya:

ada empat langkah yang dilakukan dengan baznas selama meningkatkan penerimaan zakat yakni melakukan sosialisasi juga edukasi tentang zakat juga pengelolaanya juga penguatan lembaga zakat supaya menjadi lembaga yang bersih oleh karenanya mampu resmi oleh umat.

langkah berikutnya pemberdayaan juga keselaran. pengelolaan zakat tak mampu sendiri, mesti bersama-sama, kita memerlukan semua zat lapisan penduduk, ujarnya.

menurut didin, penerimaan zakat pada indonesia setiap tahun mengalami peningkatan. ini terlihat di tahun 2011 jumlah penerimaan sebesar rp1,7 triliun. mutu ini meningkat pada tahun lalu merupakan rp 2,73 triliun.

berdasarkan data dari kementerian perekonomian sumber zakat berasal dari properti tangga sebesar rp20 triliun serta industri sebesar rp100 triliun.