Tiga miliar orang sedunia dilayani oleh koperasi

sebanyak tiga miliar pihak dilayani oleh koperasi melalui jumlah anggota koperasi yang tersebar selama dunia mencapai 800 juta-1 miliar pihak, itulah disampaikan european research institute on cooperative and social enterprises (euricse).

keanggotaan koperasi di seluruh dunia mencapai 800 sampai 1 miliar pihak dan melayani 3 miliar pihak sedunia, tutur perwakilan euricse, gianluca salvatori, selama acara international workshop on cooperatives in indonesia, pada jakarta, senin.

pihaknya melaporkan saat ini di seluruh dunia banyak sekitar 53.000 koperasi kredit serta credit union.

sementara selama eropa koperasi pertanian mempunyai pangsa pasar mencapai 60 persen selama keuntungan pemrosesan dan pemasaran pilihan pertanian.

Informasi Lainnya:

pada 2008 pada italia ada hampir 80.000 koperasi dengan 1,5 juta orang yang bekerja selama dalamnya juga berkontribusi hingga 10 persen dari gdp, ujarnya.

ia menyampaikan, peran koperasi kian tampak pada krisis finansial juga ekonomi. koperasi bisa lebih bertahan dari jenis bisnis yang lain.

namun koperasi menghadapi beberapa kendala dalam antaranya interpretasi yang keliru dalam hal koperasi, legislasi yang restriktif, manajemen yang kurang efektif, juga minimnya Informasi.

bagaimanapun koperasi masih dianggap marginal, undercapitalized, serta tidak efisien dan dianggap besar maju, katanya.