Investasi pendidikan tingkatkan nilai tambah perdagangan

investasi sektor pendidikan akan memperbaiki mutu tambah perdagangan indonesia, tutur menteri perdagangan gita wirjawan pada kuliah publik manajemen bisnis institut pertanian bogor (ipb).

integrasi ekonomi kawasan asean berarti mewujudkan pasar tunggal yang mencakup wilayah seluas 4,5 juta km persegi melalui populasi sekitar 608 juta jiwa, tutur gita di jakarta, sabtu.

gita menyampaikan investasi sektor studi dengan alokasi 20 persen daripada apbn khususnya berdampak selama ekspor nonkomoditas atau produk-produk bernilai semakin seperti otomotif dan perangkat teknologi (gadget).

investasi sumber daya manusia itu diarahkan ke sektor manufaktur dan memproduksi produk-produk maka, ujar gita.

Informasi Lainnya:

guna mengejar ketertinggalan penciptaan produk bernilai tambah semisal ponsel pintar, gita menyatakan indonesia usah mengundang perusahaan-perusahaan asing yang memproduksi barang bernilai tambah agar berinvestasi dalam indonesia.

tapi, perusahaan asing tersebut mesti sinergi dengan produsen-produsen selama indonesia. apabila mereka ingin datang (investasi dalam indonesia) kita kasih tax holiday dan kemudahan, papar gita.

selain investasi pendidikan, penciptaan produk nonkomoditas bernilai tambah dalam indonesia bisa dilakukan pula dengan peningkatan alokasi biaya penelitian juga pengembangan sebesar tiga sampai empat persen dari pilihan domestik bruto (pdb).

biaya untuk penelitian dan pengembangan pada indoensia hanya 0,08 persen dari pdb. pemerintah usah memprakarsai hal itu, sebab swasta hendak memenuhi, papar gita.